Lika Liku Local Staff

Tulisan di bawah saya ambil dari blog lama saya yang kini telah saya usangkan. Karena banyak yang butuh (walau nggak tau masih relevan apa nggak), jadi saya putuskan untuk merepost tulisan ini dengan memperbaiki beberapa kata:

16 Oktober 2015

img_1061

Halo! Saya mau lapor bahwa saya, yang udah dapet farewell card dan udah dikasih wejangan sama manajer kantor ini, baru saja menerima kepahitan nan getir dari kepegaiwan Kemenlu bahwa saya tidak lolos seleksi local staff aka pegawai setempat. Ah sucks.

Apakah local staff itu? Kalo digoogling, pasti kamu akan menemukan thread Kaskus yang isinya ngeri banget soal local staff. Ya kalau dari obrolan saya sama temen-temen sih emang si local staff ini kerjanya cukup mirip perbudakan haha. Intinya yang saya tangkap local staff harus serba bisa dan siap antar jaga. Kudu bisa ilmu administrasi, nyetir mobil, Bahasa Inggris, dan ngeback up kerjaan lainnya yang saya juga belom tau apaan karena belom pernah jadi local staff. TAPIII pada dasarnya kerjaan local staff ini dibagi 4 bagian yaitu administrasi, konsuler, pensosbud, dan protokoler. Dari namanya cukup dipahami lah ya itu kerjaannya ngapain aja. Kalau nggak paham, you can always rely on google hehe.

Menyenangkannya adalah local staff ini bakal kerja untuk KBRI perwakilan alias kamu bakal tinggal di luar negeri tapi tetep kerja buat negara. Nah, bagian ‘tinggal di luar negeri’ itu yang jadi alasan kuat kenapa beberapa orang mau ngelamar jadi local staff haha. Well, bagi saya pribadi sih it sounds exciting that you live abroad but you also work for your country. Kayak impas aja gitu kedengerannya. Sempet kepikiran juga buat mendoktrin nihonjin-nihonjin untuk berlibur ke Indonesia kalo kerja disana, tapi yah, maybe not now aja kali ya.

Ngelamar local staff ternyata lumayan rumit. Ada 8 tahap seleksi:
1. Seleksi dokumen
2. Ujian pengetahuan umum, bahasa inggris, dan bahasa asing selain inggris
3. Ujian komputer
4. Ujian wawancara bahasa asing selain inggris
5. Psikotes MMPI
6. Ujian wawancara akhir oleh kepegawaian kemenlu
7. Ujian wawancara dari KBRI perwakilan
8. Diklat

Saya nggak lolos di tahap nomor 7. Tipis banget itu kan! Setipis leker abang-abang depan SD! Dan kebayang juga cuti saya gimana banyaknya kan tuh. Gila. Seru abis.

Seleksi dokumen
Seperti lamar kerja lainnya. Kirim CV dan surat lamaran, juga ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat lainnya. Pokoknya semua bukti skill yang kamu punya. Plus pas foto terakhir. Untuk foto pilih yang formal dan cakepan ya. Jangan kayak saya, foto seadanya pake hp adek haha.

Ujian pengetahuan umum, Bahasa Inggris, dan Bahasa Asing selain Inggris
Untungnya ujian ini semua digabung jadi satu hari. Kalo nggak, nggak kebayang jumlah cuti saya. Nah, untuk ujian ini diawali dengan ujian pengetahuan umum. Soalnya hampir sama kayak tes CPNS, saya tau gitu soalnya liat bukunya temen saya buku latihan tes CPNS, pas ngerjain hampir sama soalnya, cuma issuenya lebih gress. Terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian, dan essay. Contoh soalnya macem siapa nama lengkap Ahok, negara yang lagi krisis keuangan, nama partai tiga serangkai (saya gondok banget nggak bisa jawab soal ini karena lupa. Pas kelar, saya gooling dan ternyata namanya sama kayak nama band indie yang abis menang rekaman di studio The Beattles yaitu Indische Party. Euh), terus soal PBB, sejarah perpolitikan, dan contoh kasus soal WNI yang dideportasi. Kira-kira begitu.

Untuk bahasa inggris sih cukup standart. Grammar, reading. Bahasanya cukup sederhana, nggak ada kosa kata aneh-aneh. Terus ada bagian suruh translate Bahasa Indonesia – Inggris, dan sebaliknya.

Nah, Bahasa Asingnya, karena saya lulusan Sastra Jepang jadi kudu ikut ujian Bahasa Jepang. Ujian Bahasa Jepangnya cukup ribet. Cukup banyak menggunakan kanji, tapi sederhana sih sebenernya. Emang dasar musuhan sama kanji, jadi banyakan lupanya daripada ingetnya haha. Ini juga ada suruh translate Bahasa Indonesia – Jepang, dan sebaliknya.

Ujian komputer
Ujian ini nggak susah. Apalagi yang udah biasa make komputer di kehidupan sehari-hari. Soalnya kayak biasa, pasti ada soal yang harus menggunakan rumus. Rumus penjumlahan, pengurangan, maksimal, minimal, dan rata-rata. Juga soal mengetik cepat.Terus ada suruh bikin memo meeting acara. Dan slide untuk presentasi pake power point. Paling suka bagian bikin slide, sayang waktunya bentar banget.

Ujian wawancara Bahasa Asing selain Inggris
Semua yang punya keahlian bahasa lain selain bahasa inggris wajib mengikuti tes ini. Dan tes ini nggak nunggu lulus apa nggak dari tes sebelumnya. Jadi itungannya masih satu tahap sih tuh si ujian pengetahuan umum, bahasa inggris, bahasa asing lain, komputer, dan wawancara bahasa asing. Cuma dibikin beda hari. Jadi bagi yang kerja, siap-siap aja cuti 3 hari untuk tahap pertama haha.

Nah, ujian ini saya diwawancara menggunakan Bahasa Jepang. Tapi ternyata nggak full Bahasa Jepang banget, ada Bahasa Indonesianya dikit-dikit. Pertama disuruh baca teks. Kedua disuruh baca peta dan menjelaskan direksi. Ketiga disuruh baca pengumuman dan menjelaskan kembali soal pengumuman yang kita baca. Dan yang terakhir suruh translate Bahasa Jepang – Indonesia.

Psikotes MMPI
Setelah lolos semua ujian di atas, barulah kamu psikotes MMPI. Yaitu psikotes yang terdiri dari 500 soal yang kudu dijawab ya atau nggak. Siapin pensil 2B. Dan bagi anak perfeksionis yang nggak bisa liat coretan pensil sedikit diluar lingkaran, wajib bawa penghapus. Kamu bakal ngelingkerin 500 soal. It’s 500 for heaven’s sake! Setelah selesai jawab 500 soal tadi. Kamu bakal diwawancara sama dokter. Sesi wawancara ini banyakan kayak konseling sih. Kayak ditanyain kenapa kamu begini, apakah kamu bener begitu, ya gitu kurang lebih.

Anyway, MMPI ini baru ada tahun ini. Konon gosipnya karena ada anak local staff yang ansos banget di perwakilan, jadi nggak asik banget, jadilah kepegawaian bikin sesi psikotes. Karena saya anaknya freak, jadi saya rada pesimis sama yang ini. Pesimis banget sih malah haha.

Ujian wawancara akhir oleh kepegawaian kemenlu
Setelah nunggu 2 minggu dengan gundah gulana akhirnya saya lolos sodara-sodara! Ternyata saya nggak sefreak yang saya bayangkan haha. Setelah psikotes MMPI, lanjut ke wawancara terakhir dengan kepegawaian. Saya dapet panel 3, yang diwawancarain oleh mbak-mbak cantik, bapak ketua yang mirip Ahok, dan mas-mas kacamata yang pendiam. Banyak diwawancara pake Bahasa Inggris. Tiap panel punya ciri pertanyaan masing-masing. Ada panel yang lebih banyak nanyain soal kesiapan, ada yang nanya soal skill, ada yang nanya soal kerjaan sekarang dan gaji. Kalo pas saya, saya ditanyain pertama soal kuliah dulu, skripsi saya apaan, apa yang saya teliti, semua pake Bahasa Inggris. Terus ditanya kenapa mau jadi local staff (pertanyaan yang paling saya benci tiap interview kerja). Terus ditanyain tau local staff darimana, udah tau belom local staff kayak gimana. Terus ditanyain soal current job, suka apa nggak, kenapa suka, emang berapa gajinya (katanya biar tau range salary di sana, saya mah curiganya dia kepo aja haha). Ditanya udah bisa nyupir belom, punya pengalaman di bidang administrasi nggak, pernah merantau nggak, dan yang lain saya lupa apaan.

Ujian wawancara dari KBRI perwakilan
Lagi-lagi nunggu 2 minggu dengan resah. Abis tahap wawancara kemaren saya mulai ngarep banyak. Jadi seneng banget waktu tau lolos wawancara akhir kemaren. Taunyaaaa belom kelar sampe situuuuuu!

Si Kemenlu bilang lolos tahap wawancara akhir itu artinya CV kita baru dikirim ke perwakilan. Ya amploppp kirim CV kesana ae panjang bener prosesnyaaa. Katanya juga, perwakilan KBRI di tempat postingan kita punya hak prerogatif untuk meloloskan kita atau tidak. Maka, akan ada wawancara oleh perwakilan. Setelah lolos wawancara oleh perwakilan, para calon local staff kudu ikut diklat selama seminggu dari tanggal 20-27 Oktober.

Ini masa-masa kritis banget. Soalnya pengumuman ini dikirim tanggal 2 Oktober. Which is itu 3 minggu doang lagi sebelum diklat. Semua segrup anak-anak calon local staff pada gundah gulana mikirin diklat dan kerjaan, karena kalo mau resign harus 1 month notice. Tapi ternyata temen saya yang udah berangkat jadi local staff tahun sebelumnya cerita, setelah diklat itu dia berangkat baru 3 bulan kemudian, bahkan ada temennya yang nggak berangkat berangkat sampe detik ini, maka niat resign kita semua dicoret tebel-tebel hahah.

Di lain sisi, saya juga bingung karena timingnya bertepatan sama team leader saya yang mau cuti melahirkan. Dan partner kantor saya satu-satunya di tim Indonesia, kebagian tugas untuk ngebackup kerjaan sang team leader. Karena takut mendadak dan dibenci orang banyak, maka saya mulai bicara ke partner saya. Dia bilang saya kudu segera ngasitau team leader, yang mana emang udah niatan untuk ngomong ke team leader biar dia punya backup plan dan nggak kemerungsung. Akhirnya saya bilang lah ke team leader. Saya bilang hari Selasa tanggal 6 Oktober, bertepatan manajer saya yang dari Aussie lagi ke Malaysia, dan partner saya juga lagi di sana untuk transfer knowledge. So, mereka banyak diskusi dan berita itu meluas dengan cepat ke tim lain di Malaysia. Untung belom ketauan tim Vietnam, Thailand, dan Filipin. Pas partner saya balik, saya dapet farewell card. Isinya tim Malaysia, team leader, dan manajer Aussie saya pada bilang good luck untuk kerjaan baru di Tokyo. Padahal udah saya bilang itu belom 100%, tapi mereka emang dasar orangnya positif banget, maka, sehingga, menjadi. Hahahaha.

Tanggal 7 akhirnya saya dikontak sama KBRI Tokyo. Janjian wawancara via skype hari Jumat tanggal 9 Oktober jam 13.00 WIB. Pas hari-h deg-deggannya bukan main. Diundur pula sejam. Pas wawancara itu serius banget. Saya diwawancara oleh 4 orang bapak-bapak. Setiap bapak, nanyain saya beberapa pertanyaan. Sekarang kerja apa, kenapa permanent staff mau jadi local staff yang cuma kontrak 2 tahun, suruh nerangin kerjaan saya yang sekarang pake Bahasa Jepang, apa yang saya tau soal local staff, gaji, biaya hidup di Tokyo, apa yang saya tau soal Tokyo, siapa nama lengkap Perdana Menteri Jepang, tau local staff darimana, pernah kerja di bagian administrasi apa nggak, rajin ibadah apa nggak, dan lain-lain. Abis kelar, saya langsung stress. Karena interview saya kacau banget.

Hasil belom keluar juga, sampe tanggal 13, padahal itu jadwal diklat udah minggu depan. Tanggal 15-nya saya nanya team leader soal gimana saya nanti. Dia bilang saya nggak perlu khawatir, kalo emang keterima saya bisa diklat, ambil annual leave atau unpaid leave, seperlunya. Abis diklat saya masih bisa kerja, sampe saya berangkat ke jepang. Tinggal minta kepastian aja ke Kemenlu soal kapannya. Gila nggak? Baik banget kan bos saya? Ditambah lagi dia bilang, bahwa setiap orang punya gol hidup masing-masing, punya hak untuk menentukan jalan hidupnya, jadi nggak apa kalo saya mau pindah, dia malah support karena itu kerjaan yang bagus. Terharu khan maennnn.

Tanggal 15 sore. Kemenlu email saya. Terus bilang kalau pengajuan saya tidak diluluskan oleh pihak KBRI Tokyo. Syebel abis. Sore itu juga, meskipun team leader udah jam pulang, saya tetep langsung skype dia. Terus dia bilang “Don’t be heartbroken about it, Yuna. Cheer up!” terus dia seneng karena nggak perlu cari pengganti hahaha.

Dan sampai sekarang, tanggal 16 Oktober, masih ada temen-temen saya yang belom pada dapet kejelasan apakah mereka diterima atau nggak. Tapi ada juga yang nggak diwawancara pihak perwakilan, tapi udah di email keterima. Mba Sheila you are damn lucky! Haha.

Yang pasti, dari 3 anggota sahabat-kental-dari-hari-pertama-kenal-langung-malu-maluin yaitu saya, Nila, dan Kirana. Akhirnya cuma Nila aja yang lolos. Dia lanjut ke Tokyo. Terus bingung keilangan temen share apato haha. Kirana nasipnya sama kayak saya, gagal di medan interview perwakilan. Segrup shock denger saya sama Kiran nggak lulus, yang tadinya tenang langsung pada gundah semua haha. Well, I believe Allah knows the best sih. Temen kantor saya bilang “Maybe Allah wants you to continue your master first hehe” well.. maybe..? Hehe.

Diklat
Kalo udah lolos tahap wawancara perwakilan, maka kamu kudu diklat! Seminggu lamanya. Kalo ternyata bagian kamu butuh skill administrasi, kamu juga kudu pelatihan sistem keuangan khusus gitu selama sebulanan. Dan ternyata yang udah diklat itu belom tentu lulus pula! Jadi temen saya pagi ini di bbm sama pihak KBRI perwakilan. Si ibu bilang “Mba usahain diklatnya lolos ya. Karena kita lagi butuh cepat. Awal Desember bisa berangkat kan?” warbyasak!

DEMIKIANLAH SAUDARA! Sebenernya kalo ngobrol-ngobrol sih, jadi local staff nggak ngenes-ngenes banget kok. Buktinya ada temen saya yang udah pernah jadi local staff, bela-belain daftar dari pertama lagi buat masuk local staff LAGI. Semua hal pasti ada enak dan nggak enaknya, tinggal kitanya aja gimana menikmatinya 🙂

Good luck!

Yuna

46 pemikiran pada “Lika Liku Local Staff

  1. Wah seneng banget nemu artikel beginian. Kebetulan saya juga mau ngelamar jadi local staff. Halo mbak mau nanya dong. Waktu ngelamar harus pake fotokopi SIM A ya? Soalnya saya baca-baca di kaskus pada bilang pake, ada yang nggak pake. Terus untuk surat lamarannya disertakan motivasi gitu nggak?
    Tolong dibalas ya mbak. Terimakasih atas waktu luangnya.

    Suka

    1. Halo, Masita. Seneng bisa bantu. Untuk SIM A, dulu waktu 2015 sih nggak perlu, tapi sejak 2016 lebih baik dilampirkan, jadi bahan pertimbangan soalnya, dan kalo bisa bener2 bisa ya, jangan asal sim nembak hehe. Kalo untuk motivasi sih kayaknya nggak pake juga nggak apa. Good luck!

      Suka

      1. Oh ya mbak bisa milih kbri tokyo karena memang keinginan mbak sendiri atau dari pihak sana yg memilihkan untuk posisi mbak?

        Suka

      2. soalnya saya lulusan sastra jepang, jadi dari kemenlu diarahkannya ke tokyo. biasanya dicocokin sama keahlian bahasa. kalo cuma bisa inggris, bebas milih, tapi biasanya untuk negara tertentu lebih diprioritasin yang bisa bahasa negara sananya

        Suka

    2. kalau misal saya ada sertifikat bahasa selain b.ing gitu bisa jadi prioritas juga nggak sih mbak untuk mendaftar di negara yg memang bukan menggunakan bahasa ing? harus punya pengalaman kerja juga ya?

      Suka

  2. Halooo mbak~~ I’m here to asking some question again with you hhheeehe. Kemarin kan aku udah nyoba masukin lamaran local staff ke kemenlu via pos. Nah mau nanya lagi mbak, biasanya dipanggil dari pihak kemenlu itu berapa minggu/bulan setelah ngirim berkas? Ini udah 2 minggu nunggu belum dapet panggilan lagi huhu sedih.

    Suka

    1. hai. jawabannya saya kutip dari postingan saya ya “Soalnya hampir sama kayak tes CPNS, saya tau gitu soalnya liat bukunya temen saya buku latihan tes CPNS, pas ngerjain hampir sama soalnya, cuma issuenya lebih gress. Terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian, dan essay. Contoh soalnya macem siapa nama lengkap Ahok, negara yang lagi krisis keuangan, nama partai tiga serangkai”. good luck.

      Suka

  3. Hello Kak! Aku mau nanya, untuk apply jadi Local Staff apakah harus ada pengalaman kerja sebelumnya? Atau Fresh Graduate juga bisa? Soalnya kalau pengalaman kerja sampe sekarang cuma magang doang di tempat wisata dan di hotel hihi aku masih kuliah soalnya.

    Suka

  4. Halo Kak, saya ingin tanya sekiranya kalau kita sudah diterima di KBRI/KJRI negara perwakilan apakah biaya seperti tiket pesawat, visa dll akan dicover oleh pemerintah? Atau tergantung negaranya? Hihi makasih kak.

    Suka

  5. Halo kak saya kepikiran untuk apply jadi lokal staff juga dan saya merasa lumayan mencerahkan proses recruitment nya. Mau tanya untuk apply nya apa hanya bisa langsung saja or by Post. Apa harus daftar online dulu seperti cpns? Thanks

    Suka

  6. Mbak, emg kalau yg ngga lolos diklat tetep dikabari lewat email ya? Berarti yg belum dpt email dr kemlu masih bisa diikutkan diklat kan?

    Suka

  7. Halo Kak mau nanya, untuk tahun tahun ini itu kita menunggu pengumuman dari kemlu atau memang inisiasi pribadi kita mengirimkan dokumen ke Kemlu?

    Makasssiii. Mantap abis blog nya : )

    Suka

  8. Senang banget bisa nemu artikel yg ditulis sama mba luna, konbanwa luna san, genki desu ka?. Kebetulan saya seorang LS yg sudah dua kali penempatan, pertama di astana, kazakstan dan skr di islamabad Pakistan. Benar sekali proses demi proses yg mba luna sampaikan, mba luna sampai sangat detail menginfokan itu semua, dan saya jd teringat pengalaman saya saat melamar pertama kali di tahun 2012, dari pengalaman saya itu jg saya kepingin sedikit share buat semua yg jg bertanya tanya mengenai apakah perlu menyertakan SIM A, jawabnya ya sangat diwajibkan bahkan ditahun 2012 pun sudah sangat diwajibkan, fresh graduate jg tidak masalah selama pelanar tersebut mmng benar2 ingin bekerja dan ikhlas bekerja, yg artinya tidak setenggah2 kl bekerja yg akhirnya akan menjadi beban sendiri, nah yg terpenting kl mau cepat di panggil u tuk tes itu diusahakan Cv di sampaikan langsung kebagian kepegawaian lt.6 tgn melalui pos yg akhirnya akan di abaikan begitu saja, apalagi cv km kurang menarik, dan yg terutama lagi berpakaian lah yg necis y, yg bisa meyakinkan org2 kepegawaian nanti, sopan sudah pasti. Semoga bermanfaat ☺️

    Suka

  9. hallo kak, senang banget ketemu tulisan kakak. kebetulan sekarang aku mau daftar local staff di tahun 2019. sekarang semuanya lewat online kak. yang mau kutanyakan, dari tes wawasan, bahasa komputer dll itu lama gak jaraknya dengan pengumuman wawancara, atau rata2 jarak per pengumuman lolosnya. soalnya domisiliku di kalimantan dan pasti nanti bakal susah tiketnya kalo harus bolakbalik ke jakarta. semoga dijawab yaa

    Suka

    1. Halo, Momo. Makasih udah baca. Berdasarkan tulisanku, dari tes MMPI ke wawancara dubes di Jakarta itu nunggunya 2 minggu. Aku udah nggak gitu inget sih, soalnya udah lama hhe. Oh sekarang udah online semua ya? Ceknya di website kalo boleh tau?

      Suka

    2. halo kak, untuk informasi pendaftarannya biasanya bisa diakses dimana ya kak? di websitenya atau dimana? dan biasanya pendaftarannya dibuka setiap bulan apa ya kak? terimakasiih

      Suka

  10. Hi, Kak. terima kasih banyak atas tulisannya, ya. akhirnya ada bayangan soal reqruitment-nya kayak gimana.

    ini baru tau soal local staff dan baru mikir mau nyoba. tapi sayangnya ga ada SIM A dan semua sertifikat kemampuan berbahasa udah expired sejak dua tahun lalu XD

    Suka

  11. Halo kak, terima kasih atas tulisannya jd dapet insight banyak nih. Mau nanya dong kak, untuk keperluan seleksi administrasi, surat lamarannya itu ditulis dalam bahasa indonesia atau in english? Kebetulan aku nemu format surat lamaran dari web kemlu langsung yg tinggal isi, tapi itu buat daftar CPNS nya. Nah jadi kurang paham bentuk yg sebenernya diminta itu gimana: either bentuknya mirip motivation letter yang panjang atau modifikasi dari format surat lamaran yg cpns itu tadi. Soalnya denger mitos kalo seleksi administrasi di kemlu itu udh strict dari awal jd diharapkan bisa tepat sesuai yg mereka minta gitu wkwkwk. Anyway… thank you in advance kak

    Suka

    1. Halo. Terima kasih sudah mampir. Kalo aku kemarin lampirin application letter dan CV semua dalam bahasa Inggris. Dan aku nggak pake format surat lamaran CPNS yang kamu sampaikan, belom pernah liat malah hehe. Good luck!

      Suka

  12. Maaf kak, saya ingin nanya apakah di surat lamaran harus kita cantumkan bagian departemen mana yang ingin dikehendaki? atau tulis aja semua dept.nya? terima kasih

    Suka

  13. Halo kak, terima kasih udah sharing pengalamannya. Aku pengen banget jadi local staff (walaupun udah baca cerita2 di kaskus hehehe) cuma karena stepnya yang panjang, aku jadi bingung mau lamar apa nggak. Dari pengalaman kakak sendiri, dari proses ngelamar sampai interview sama KBRI, itu prosesnya makan waktu berapa lama? Makasih kak

    Suka

  14. Halo kak thank you so much for share this precious experience! Mau nanya nih kak, punya kah kenalan yang pas lolos untuk ke tahap SKB terus dia sambil nunggu kepastian CPNS juga daftar LS ? Penasaran siapa tahu ada terus ternyata dia lolos jadi PNS hehe ..

    Suka

Tinggalkan komentar