Bekasi – Karawang

Tulisan di bawah saya ambil dari blog lama saya yang kini telah saya usangkan. Karena banyak yang butuh (walau nggak tau masih relevan apa nggak), jadi saya putuskan untuk merepost tulisan ini dengan memperbaiki beberapa kata:

06 Desember 2014

IMG_9354

Udah dua bulan lebih dua minggu saya kerja di Karawang. Kota yang terkenal jauh, debu, dan antah-berantah. Waktu awal kerja, saya sempet fix banget mau ngekos di sana. Kembali menjadi pengembara di kota orang. Tapi ternyata ke-fix-san itu wacana belaka hehe. Setelah sebulan ngekos di tempat sodara (yang dari 18 hari tinggal, saya pulang ke rumah 11 kali haha), saya memutuskan untuk pulang-pergi aja setiap hari. Karena ternyata pulang-pergi Bekasi-Karawang-Bekasi nggak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Rutenya cukup simple dan banyak kendaraan yang bisa ngangkut orang Bekasi pengecut macam saya.

Rumah saya di Pekayon, Bekasi Barat. Saya seringnya berangkat jam 06.25 dari rumah ke jalan pintas Rest Area 19 di Bekasi Timur. Dari Pekayon kesana rutenya sangat gampang, cuma crowdednya lumayan ngeselin. Kamu tinggal jalan ke arah Kalimalang Bekasi Timur. Ke arah Blu Plaza situ. Itu kamu masih lurus ke arah Grand Wisata, lurus sampe pabrik Anker Beer. Sebelah kanan ada jembatan kecil kamu belok situ. Abis dari jembatan belok kanan, lalu belok kiri di gang yang ada gapura kecil. Nah, mentok situ di sebelah kanan ada pintu kecil ke jalan pintas Rest Area 19. Di Rest Area biasanya saya nyampe jam 06.45 masih kebagian Agramas (tarif: 8.000 | warnanya merah ada tulisan Agramas | pake AC) arah Karawang. Selain Agramas ada juga elf biru (tarif: 10.000 | warnanya biru | nggak pake AC), Asli Prima (tarif: 8.000/10.000 | warna hijau toska | pake AC), atau omprengan (tarif: 15.000 | mobil pribadi/objekan | warnanya apa aja). Kalo nggak kebagian Agramas biasanya saya naik si elf biru. Di elf biru itu banyak pelanggan tetapnya gitu, jadi kayak naik  mobil sodara gitu rame haha. Berangkat jam segitu biasanya saya udah sampe Karawang jam 07.30 turunnya di gerbang KIIC (atau terkenal juga dengan nama Badami). Abis itu nunggu temen satu kantor buat nebeng ke dalem hehe, kalo kepepet ya naik ojek. Tarif ojek ke dalem itu 10.000 jangan mau lebih, dan nggak bisa kurang.

Pulangnya, saya dari kantor biasanya naik jemputan ke gerbang KIIC atau (lagi-lagi) nebeng orang kantor. Lebih enak nebeng naik mototr sih, soalnya KIIC asli macetnyaaaa kayak abis makan nasi padang di kantor nyampe Badami tuh udah laper lagi gitu; lama bangeeeet! Abis itu nunggu kendaraan buat pulang di gerbang KIIC / Badami itu.

Kendaraan dari Karawang ke Bekasi ada beberapa, bisa langsung turun Bekasi Barat pula. Ada Agramas yang ke arah Bogor, mereka kadang mau ngangkut orang ke Bekasi, bilang aja “Bang, Bekasi Barat” nanti kalo dia ngebolehin naik ya ikut aja, tarifnya 11.000 saya nggak tau juga kenapa lebih mahal. Selain itu, ada juga Asli Prima, sama kayak dari Bekasi ke Karawang. Ada juga si elf biru itu harganya sama 10.000 (cuma kalo malem jam 19.00 keatas tarifnya naik jadi 12.000 entah mengapa demikian). Selain itu ada juga WB, dia kayak elf warna abu-abu gitu, AC nya dingin banget, tapi harganya seharga omprengan; 15.000. Terus ada juga omprengan (biasanya mobilnya APV) itu tarifnya 15.000 plus abangnya ngebut banget biasanya. Yang paling murah selama saya pulang naik kendaraan umum itu naik bis mini yang nggak pake AC tapi saya lupa banget namanya apa, itu tarifnya cuma 7.000 uhyeah. Semua kendaraan itu bisa langsung ke Bekasi Barat, tapi nggak keluar tol Barat. Jadi kamu turunnya di pinggir tol gitu. Tapi gampang sih jalannya. Kamu turun di pinggir tol (tiap abang supir atau kenek pasti tau letaknya di mana), itu tinggal jalan lurus ada tembok bolong gitu terus ada tulisan ‘disini ada ojek’ nah masuk situ. Nggak usah khawatir, jalannya emang gelap, tapi ada banyak rumah di kanan-kiri, suka ada anak kecil yang masih main di luar atau ibu-ibu jalan kaki. Nah, dari situ keluarnya di seberang Bekasi Square situ.

Nyampe rumah masih bisa solat magrib, cuma kadang kalo macet banget atau susah dapet kendaraan pulang bisa sampe rumah jam 19.10an gitu. Tapi nggak sering sih.

Jadi, ternyata, Bekasi – Karawang tidaklah sejauh itu. Orang cemen kayak saya aja bisa pulang – pergi tiap hari haha. Cuma emang ya debunya ampuuuun! Masker adalah hal yang sunnah untuk dipakai setiap hari, juga kaos kaki kalo nggak mau kaki buluk kayak kaki saya.

Saya ngepost ini buat orang-orang yang pernah kayak saya kemaren-kemaren sih, bingung kerja di Karawang transportasinya gimana. Semoga bisa bantu buat yang masih bingung.

Oke sekian. Mari ke Karawang.

Good luck!

Yuna

10 pemikiran pada “Bekasi – Karawang

  1. Halo Mbak!
    salam kenal, senang sekali rasanya baca blog mbak tentang Bekasi-Karawang.
    saya ada beberapa pertanyaan yang kalo ga keberatan boleh dijawab ^^
    1. mbak masih kerja di karawang?
    2. klo nyari bis agra ke Karawang dari rest area km 19 itu nunggu nya di sblh mana? lalu bisnya lama ngga ditunggunya atau mereka memang ngetem cari penumpang?

    sekiranya dijawab,akan sangat membantu saya yang awam transportasi menuju Karawang ini :’)

    terima kasih banyak waktunya mbak.

    cheers,
    Ananda

    Suka

  2. Halo Mbak!
    salam kenal, senang sekali rasanya baca blog mbak tentang Bekasi-Karawang.
    saya ada beberapa pertanyaan yang kalo ga keberatan boleh dijawab ^^
    1. mbak masih kerja di karawang?
    2. klo nyari bis agra ke Karawang dari rest area km 19 itu nunggu nya di sblh mana? lalu bisnya lama ngga ditunggunya atau mereka memang ngetem cari penumpang?

    sekiranya dijawab,akan sangat membantu saya yang awam transportasi menuju Karawang ini :’)

    terima kasih banyak waktunya mbak.

    cheers,
    Ananda

    Suka

    1. Halo, Ananda. Terima kasih sudah mampir di blog 🙂
      Saya udah nggak kerja di Karawang sejak Oktober 2014 hehe. Untuk Agramas itu bisa nunggu di Pizza Hut atau di belakang toilet gitu. Kalo bingung coba tanya orang yang berdiri atau satpam, pasti tau kok. Kalo soal lama apa nggaknya dulu sih gak tentu, kadang lama kadang nggak, tergantung macet apa nggak. Soal ngetem, kendaraan itu nggak boleh ngetem di rest area, jadi setelah perhitungan penumpang Agramas selesai, langsung jalan. Kalo kendaraan lain abis penumpang naik, langsung jalan. Gitu. Good luck ya!

      Suka

  3. hai lagi Mba Yuna!

    makasiiiih banget infonya, aku niatnya mau naik dari KM 19 karena rumahku di Bekasi Timur.
    Aku mau nanya, kalo bis/omprengan pulang nya mbak pernah liat ga yg ada tulisannya berenti di Bekasi Timur?

    mohon pencerahan…trims^^

    Suka

  4. halo mbak Yuna, mau nanya nih.. saya baru pindah dan rumah saya di Pekayon Jaya. Kalo mau naik agramas selain di jalan pintas rest area KM 19 itu dimana lagi ya mbak? apakah ada lagi selain di rest area 19 dan dekat juga dengan daerah pekayon? terimakasih mbak Yuna

    Suka

Tinggalkan komentar